Senin, 01 Oktober 2012

BIOGRAFI TIM BERNERS-LEE



Sir Timothy John atau biasa dipanggil “Tim” Berners lee. Pria kelahiran di London, Inggris pada tanggal 8 Juni 1955 ini ialah seorang penemu World Wide Web dan ia juga sekaligus ketua World Wide Web Consortium.
Dialah ilmuwan komputer yang mengembangkan  jaringan WWW (world wide web). Hubungan antara internet dan www ini sangatlah erat. Dimana internet ialah jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia yang pertama kali didirikan oleh Departemen Riset Pertahanan AS pada tahun 1969 melalui proyek ARPAnet. Sedangkan www adalah media untuk orang berbagi dokumen, gambar, music, informasi, jasa dan lain lain di seluruh dunia.

 
Berners- lee juga membuat peranti lunak untuk mendefinisikan Hyper Text Markup Languange (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Tranfer Protokol. Semuanya itu ialah bahasa pemograman untuk menghubungkan dan menampilkan sebuah situs dan protocol.
Awal bermula www (world wide web)
pada tahun 1980, dimana ketika berners seorang kontraktor bebas di CERN, ia mengajukan sebuah proyek yang dinamakan konsep hiperteks (hypertext). Karena CERN adalah institusi multi-nasional dan merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa., Berners Lee ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya. Dengan demikian mereka dapat bekerja dengan lebih efisien. Dia menamakan software tersebut Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everything.
Dalam benak lee, ia berfikir bahwa kenapa jaringan di batasi dalam CERN saja? Bagaimana jika ilmuwan yang lain dari Negara lain ingin berbagi informasi? Maka dari itu ia mengembangkan ciptaannya di jaringan internet itu sendiri.
Lantaslah Lee membuat situs pertama dengan alamat http://info.cern.ch/ dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Namun belum banyak orang mengetahui website yang dibuat lee. namun beberapa tahun kemudian seorang yang bernama Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer, Mosaic. Dan terlebih lagi penggunaan internet dan WWW berkembang sangat pesat saat Marc mendirikan Netscape.
Sosok seorang Tim Berners-Lee
Dengan penemuan dan kesuksesan yang diraihnya dia tidak terlepas dari masa lalu dimana orang tua Tim sudah mengajarkannya untuk berfikir kreatif, dan ketika ia masih kanak-kanak, lee sudah bisa mengoperasikan bilangan imajiner dalam pikirannya (seperti berapa nilai akar dua dari minus 4).
Disaat lee memulai kuliah di oxford. Dia sudah bisa merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Dan dia juga senang mempelajari fisika karena fisika menggabungkan konsep matematika dan elektronika.
Disisi baik juga lee dengan visi jauh kedepannya dia memutuskan untuk berkiprah di organisasi nirlaba dan tidak banyak mengambil keuntungan dari penemuan dan keahliannya. Berbeda dangan Marc yang menjadi milioner dari hasil produk yang ia ciptakan.
Rentang waktu tahun 1991 sampai 1993, lee berusaha untuk memperbaiki dan memaksimalkan web nya agar tampilan web nya lebih maksimal. Dia merancang halaman web dan mengatur para pengguna internet untuk mengunjungi web nya. Dan dia tercatat membuat URL, penggunaan HTTP, dan pengkodean HTML. Dan ini terbukti internet semakin maju.
Dan saat ini Tim Berners-Lee menjabat sebagai Direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang terletak di Massachussets Institute of Technology. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf sekira 40 orang yang tersebar di seluruh dunia. Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform (interoperable technologies), menetapkan spesifikasi, aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web. Anggota-anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi WWW agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang. Yang berarti juga membagi ilmu pengetahuan bagi sesama.
Dan sosok menguatkannya yaitu Berners-Lee tetap tidak menonjolkan diri dengan karyanya, dan karyanya juga tidak dibatasi oleh siapapun sehingga setiap orang berhak menggunakan media www ini karena tidak terikat pada hak cipta atau kepatenannya. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya. Selain itu lee juga mendapatkan penghargaan Millenium Technology Prize di Helsinki, Finlandia, 15 Juni 2007, dan dia mendapatkan hadiah sebesar US$ 1,2 juta (sekitar Rp 10,4 miliar). Dan di dalam acara penghargaan itu dia berkomentar merendah “Banyak orang terlibat dalam perkembangan web. Saya hanya mengumpulkan gagasan dan mengemasnya.” Beberapa waktu lalu juga, Tim Berners Lee mendapat kehormatan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME. Namanya bisa disejajarkan dengan ilmuwan komputer Alan Turing, dan perintis 'kaliber' berat dari beragam bidang lainnya semacam psikoanalisis, antropologi, fisika, biologi, ekonomi, bahkan teknologi pesawat terbang.
Sumber                : http://kolom-biografi.blogspot.com
                                 http://www.komputasi.lipi.go.id/
                                 http://id.wikipedia.org/
                                http://giesphere.blogspot.com/ pukul 21.56 / 22 sept 2012
                                http://erabaru.net/ pukul 21.56 / 22 sept 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar